Belajar Bahasa Thailand

Hai Hai,selamat Sore :)

Udah lama gak ngepost lagi,ouh ya daripada bingung
yaudah mending kita belajar bahasa Thailand aja yuk ! :D

Sebenernya belajar Bahasa Thailand itu susah-susah gampang -_- apa lagi logat sama tulisan nya itu loh
pusiaang -___-

Tapi Gak masalah,asal kan punya niat bener,semua pasti bisa (y)

oke deh kita mulai dari pengenalan dulu :

Sawatdhee Khrap :) (Sawatdhee artinya Hai,Khrap itu sebagai partikel pelengkap biar agak sopan,Khrap diucapkan oleh laki-laki sedangkan kha oleh perempuan.Oh ya cara bacanya bukan khrap pakai r ya,tapi huruf r nya agak samar,jadi kedengernya kaya khap)

Dan ini penjelasan lengkapnya :
 Krab/Krub = untuk orang yang berbicara adalah pria (boleh tidak dipakai, hanya untuk kesopanan)
 Kah = untuk orang yang berbicara perempuan (boleh tidak dipakai, hanya untuk kesopanan)
 Pom = Saya (laki-laki)
 Chan = Saya (perempuan)

Nah, beberapa kosakata sehari-hari :

  1.  Sawadee (krab/kah) = Hallo/ Salam sejahtera
  2.  Sabai di mai? = Apa kabar?
  3.  Sabai di (krab/kah) = Kabar baik
  4.  Khob khun (krab/kah) = Terima kasih
  5.  Yin dee / Mai pen rai = Sama-sama , tidak masalah
  6.  Chai = Ya
  7.  Mai chai = Tidak
  8.  Arun sawad = Selamat pagi
  9.  Ratree sawad = Selamat malam
  10.  Khun chue arai? = Siapa namamu?
  11.  (Pom/chan) chue....(nama) = Nama saya....(nama)
  12.  Khun na rak maak = Kamu lucu sekali
  13.  Khun suay maak = Kamu cantik sekali
  14.  (Pom/chan) chawp khun = Aku suka kamu
  15.  (Pom/chan) kitteung khun = Aku rindu kamu
  16.  (Pom/chan) rak khun = Aku cinta kamu
  17.  Faan dii na = Mimpi indah
  18.  Khun ayu tao rai khrap? = Umurmu berapa?
  19.  Khor thot khrap = Saya minta maaf
  20.  Tham arai yu khrap? = Kamu sedang apa?
  21.  Rak ka thao rai? = Harganya berapa?
  22.  Phaeng maak = Mahal sekali
  23.  Hong nam yoo nai? = Toilet dimana?
 Perkenalan
halo
Sawadee (krup / ka)
Anda
Khun
bagaimana yang Anda
Sabai dee mai (nada meninggi)
ia, dia, mereka
kao
Aku baik-baik
sa-bai dee
kita, kita
rao
terima kasih
kharb Khun
siapa namamu
Khun chuu a-rai
bye bye
Sawadee
ya / tidak
chai / mai chai
bertemu lagi
POB gan mai (nada meninggi)
terima kasih kembali
yin dee
maaf / menyesal
Khar toort
selamat datang ...
yin dee tawn rap
Aku, aku
phom (pria) dee chan (perempuan) atau hanya chan
tidak pernah pikiran
pena mai rai
Mai pena rai secara universal digunakan untuk berarti, 'ok', 'oh well', 'Anda dipersilakan pergi', 'melupakannya' dan banyak lagi selain.
Thailand sangat sipil dan sopan oleh kebiasaan dan akan selalu menambahkan krup (pria) atau ka (perempuan) ke akhir kalimat ketika menangani orang lain kecuali mereka sangat akrab dengan mereka. Seringkali mereka juga akan, sebagai suatu hal tentu saja, menambahkan na di depan ini untuk melembutkan setiap perintah. Sangat penting untuk masuk ke kebiasaan ini dari awal ketika belajar Thailand karena akan membuat sesuatu jauh lebih mudah karena Anda maju dengan bahasa.

Tindakan

inginkan (sesuatu)
aow
berjalan
Dern (pai) seperti dalam mendaki
ingin (tindakan)
YAAK
menemukan
phob
pergi
pai
perbaikan
som
datang
maa
melihat
lama duu
mengambil
aow pai (menyala; inginkan & pergi)
berbicara
phuut
ingin
Kor
obrolan
kui
membawa
aow maa
drive / naik
KAP / Kii
membeli
menggugat (nada rendah)
membayar
jaai
kunjungi
pai tiow
menerima
ketukan
makan
gin / kerabat
dapat / tidak dapat
dai / mai dai
minum
Derm
seperti / lebih
chawp
tidur
nawn

Setiap item hari

uang
ngern
sepeda motor
(Membusuk) mor-tor-sai
bagasi / tas
gra-pao
perahu
ruav
pakaian
suea
buku
nang-SUA
ponsel
meu tor
peta
bersolek-tee
taksi
tak-lihat
hal
khawng
bus
busuk tapi
sabun
sa-Buu
melatih
busuk fai
handuk
pra-chet-tua
pesawat terbang
kruang bin
pena
pak-ga
mobil
busuk yon
kacamata
wen-ta
bensin
naam pria

Bilangan

satu
nueng
sebelas
sib-et
dua
sawng
duabelas
sib-sawng (dan seterusnya)
tiga
Saam
dua puluh
yee-saudara
empat
lihat
dua puluh satu
yee-sib-et (dan seterusnya)
lima
haa (nada turun)
tiga puluh
Saam-saudara
enam
gadaian
ratus
rooi
tujuh
jet
ribu
panci
delapan
cerdas
sepuluh ribu
mueng
sembilan
gow (pendek dan rendah)
ratus ribu
Sen
sepuluh
saudara
juta
laan

Hari dan waktu

Senin
wan Januari
bulan
karena-en
Selasa
wan ankhaan
tahun
pii
Rabu
wan Phut
jam
Chua mong
Kamis
wan paruhat
menit
na-tee
Jumat
wan suk
pagi
fajar chao
Sabtu
wan saow
sore
fajar bai
Minggu
wan ah-tit
malam
fajar Yen
akhir pekan
sao-ahtit
malam
fajar tum
Mengekspresikan waktu: ini agak sulit di Thailand karena mereka secara tradisional mematahkan 24-jam menjadi empat bagian. Sebagai pemula, itu terlalu membingungkan untuk mengikuti dan Anda terbaik adalah untuk tetap dengan jam 24-jam (mis. 01:00 akan sib-Saam Chua mong atau 13 jam).

Pertanyaan

apa
a-rai
bagaimana (aksi
yaang rai
mana
(Kepadamu) nai (kadang-kadang 'nai' digunakan pada sendiri)
adalah (tidak)
mai (nada meninggi)
saat
Mua-rai atau mong gee (pada waktu apa)
dapat (tidak bisa)
mai dai (nada meninggi)
berapa banyak
tao rai
memiliki (tindakan)
rue yaang (seperti pada 'kau selesai')
berapa
gee (datang sebelum subjek, sebagai perkecualian)
yang (akan)
rue membajak (seperti dalam 'Anda Thailand')

Keramahtamahan

Hotel
rong rerm
kipas
phad lom
tamu rumah
Baan phak
tingkat
chan
restoran
raan ah-harn
kolam renang
sa-wai-inaam
toilet / kamar mandi
hawng naam
pisau, garpu, sendok
bertemu, sawm, chorn
air panas
naam rawn
tagihan
periksa bin
ruang
hawng
telepon
tor-ra-nira
tidur
thii nawn
TV
tor-ra-tat
pijat
nuat
kabel
Cay-bon
con udara
con udara

Makan dan minum

makanan
ah-harn
babi (semua jenis)
Muu
hidangan laut
pla Talae
daging sapi
neu-ah
minum air
naam plao
udang / udang
gung
bir
usungan jenazah
tahu
tao hoo
es
nam ken
sayuran
phak
minuman keras
lao
mi
Kwai-Teow
jus buah
naam pon-Lamai
roti
ka-pan nom
buah
pon-Lamai
bakes / snack
ka-nom
makan siang
ah-harn klang wan
gula
naam-Taan
sarapan
ah-harn chao
manis
lesu
makan malam
ah-harn yen
garam (y)
kem
beras
kaow (nada turun)
pedas / cabe
hewan peliharaan / prik
nasi goreng
kaow pad
msg
pon suu busuk
ayam
Gai
gandum
SAA kao lu
Jika Anda tidak ingin suatu bahan termasuk cukup menambahkan ow mai (menyala, tidak mau) sebelum ini (Mai misalnya pon sendiri suu busuk).

Tempat

kota / kota
meu-ang
taman nasional
suan sa-ta-na
desa
(Moo) Baan
air terjun
naam tok
rumah
Baan
museum
piti pipis pan
pantai
Haad
bank
ta-na-Karn
pulau
koh
stasiun bus
sa-tar-ni busuk namun
teluk
aow
stasiun kereta api
sa-tar-ni busuk fai
pegunungan
phuu-kao
bandara
sa-nam-bin
sungai
mae naam
kantor polisi
sa-tar-ni tam ruat
pasar
talad
kantor pos
pra-sa-nii
taman
suan-Luang

Kata Sifat

cepat
REO
lambat
cha
besar
yaai
kecil
lek
lemak
uan
tipis
phawm
awal
chao
akhir
saai
murah
Tuuk
mahal
paeng
panjang
yaow
singkat
tia
sulit
YAAK
mudah
ngaai (nada turun)
penuh
tem
kosong
ketajaman
panas
rawn
dingin
yen (naow - cuaca)
keras
siang dang
tenang
niyap
dekat
glai-ee (jatuh)
jauh
glai (nada rendah)
hitam
sii bendungan
putih
sii khaow (nada meninggi)
merah
sii dang
biru (terang / gelap)
sii FAA / sii nam ngerng
kuning
sii Luang
hijau
siik Kieow
emas
sii tong
abu-abu
tao sii
banyak
yerk / maak
sedikit
nit noi
lama waktu
naan

Darurat

membantu!
chuay duay
bahaya
aan-ta-rai
tidak baik
mai Sabai
sakit / nyeri
Jep / puat
sakit perut
puat tong
sakit kepala
phuat hua
sakit gigi
puat menyenangkan
sakit mata
puat TAA
rumah sakit
Rong payabaan
kantor polisi
sa-tar-ni tum ruat
dokter
perut
dokter gigi
perut kipas
pencuri / dicuri
kamoy-ee
kecelakaan
oo-bot-tee-het
obat
yaa
pengacara
nat punya-mai
nuay
lelah
takut
klua
harus memiliki
dong mee

Penting frase

Saya tidak mengerti
mai kao jai
Apakah Anda mengerti?
kao jai mai (nada meninggi pada kata terakhir)
Saya ingin pergi ke ...
YAAK pai ...
Apakah Anda punya kamar?
mee wang hawng mai (nada meninggi pada kata terakhir)
Apa waktu akan pergi?
ja pai mong astaga
Apa waktu akan terbuka?
wah bert mong
Jam berapa dekat?
astaga sedikit mong
Cara yang mana?
tang nai
Belok kiri / kanan
leo saai / kwaa
Langsung / berhenti!
Trong pai / yuut!
Saya tidak ingin ada terima kasih
ow mai krap / ka!
Pergi
pai sii!
Dapatkah Anda memperbaiki ini?
som nee mai dai (jatuh dan meningkatnya nada pada dai mai)
Berapa banyak ini?
nee tao rai
Anda bisa membuat lebih murah?
mai dai banyak (jatuh dan meningkatnya nada pada dai mai)
Saya tidak suka (ini) ...
mai chawp (dahulu) ...
Bisakah kita bertemu lagi?
POB gan mai dai (nada meninggi pada mai)
Aku mencintaimu
Pom / chan rak kun
Aku merindukanmu
kit tung Khun
... Sangat banyak
maak

25 komentar:

  1. min, bahasa thai nya 'atau' itu apa?

    BalasHapus
  2. gara2 keseringan nonton film thailand,,jadi iseng2 cari bahsanya,,pusing juga yah..hehe

    BalasHapus
  3. gue pngen blajar bhasa thailand gara2 suka ntn film2 nya :3

    BalasHapus
  4. Gua keseringan nonton film thailand ,, itu yang membuat gua tertarik sama bahasa , dan budaya kesehariannyaa.. cuman tulisan nyaa hagak susah.. tanpa spasi -,- yaudah deh gua belajar lagi!!!!

    BalasHapus
  5. keren...modal untuk aboard ke thai sangat pass!!

    BalasHapus
  6. GAra2 sering nonton film thailand jadi pingin belajar bahasa thai

    BalasHapus
  7. gara-gara suka chantavit ngomong

    BalasHapus
  8. ขอบคุณมาก
    (Thank you very much)

    BalasHapus
  9. kalau 'kun' sih bener artinya cuman 'anda'?

    BalasHapus
  10. Gara2 mau ketemu,mario mourer wkwk btw ini gaada cara baca nya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya bantu jawab ya.
      Tulisan di atas sudah termasuk cara bacanya.

      Contoh :

      Hallo = สวัสดี - S̄wạs̄dī ( Bacanya=Sawadee)

      Hapus
  11. gara2 temen sekolah gue orang thai asli.

    BalasHapus
  12. K̄hxbkhuṇ māk <cara tulis gini nya gimana :v

    BalasHapus
  13. สวัสดีข้อมูลจากบล็อกนี้เป็นนิยาย! เมื่อ - เมื่อฉันจะไปเยี่ยมอีกครั้ง ... ลาก่อน

    BalasHapus
  14. Ka klo darko dalam Bhsa thailand gmna tulisannya dan cra banyak tolong ya ka atas bntuannya

    BalasHapus
  15. Woi udah 1 bulan gak ada yg mau kasih tau.
    Apaan tulisan nama hari kalau pakai huruf thai. Tolong pencerahannya
    Please

    BalasHapus
  16. keren
    mampir juga ya
    http://www.fakhri.id/2015/09/panduan-lengkap-belajar-huruf-thailand_15.html

    BalasHapus
  17. Nyari buku n kamus thailand rada susah yah..padahal lagi keranjingan film thailand.

    BalasHapus
  18. makasih infonya membantu sekali...

    BalasHapus
  19. Gara gara suka sama kao jirayu jadi iseng pengen belajar bahasa thailand, tapi serius drama sama film film thailand tuh keren keren

    BalasHapus
  20. Senangnya bisa belajar bahasa Thai

    BalasHapus